image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Cara Membuat EM4

Oke kawan-kawan, saya akan berbagi pengalaman saya ketika mengikuti acara BINA DESA Sikapat yang diadakan oleh BEM FAPERTA UNSOED.

EM4, sebagian orang mungkin bertanya-tanya apa itu EM4??
EM4 (Effective Microorganisms 4) adalah sejenis pupuk organik (kompos) yang dapat dihasilkan dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan cara konvensional. EM4 sendiri mengandung Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, bakteri fotosintetik dan jamur pengurai selulosa.



Jika kita harus membeli EM4 ini ditoko Pertanian harganya lumayan mahal, pdahal ada berbagai cara untuk membuat EM4 dengan harga bahan baku yang murah bisa juga gratis. nggak usah banyak cingcong lagsung aja cekidot:

ini dia bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. nasi basi
2. air
3. gula pasir
4. botol air mineral ukuran 1,5 L.

gini nih cara pembuatannya :
1. Nasi basi dimasukkan kedalam botol air mineral ukuran 1,5L, kenapa menggunakan nasi basi karena nasi basi banyak terdapat mikroba atau bakteri yang dapat digunakan untuk pupuk. sebetulnya menggunakan nasi baru juga tidak apa-apa, tapi sayng dong selama masih ada yang bekas dan muranh kenapa enggak digunakan.
2. Ditambahkan air sebanyak 1L kedalam botol air mineral.
3. Ditambahkan gula pasir 5 sendok, fungsi penambahan gula pasir ini adalah sebagai bahan makannan bagi bakteri yang ada dalam larutan tersebut.
4. tunggu sampai 7 hari sampai cairan berbau seperti bau tapai.

Catatan : penggunaan nasi basi dapat diganti dengan menggunakan bahan lain, seperti kulit pisan atau pisang yang sdah busuk, nanas yang sudah busuk, batang pisang muda bagia dalam dan lain-lain.

kalu ada kesalahan mohon dikritisi melalui komentar. terimakasih. semoga bermanfaat bagi kawan-kawan. :D

Share this:

CONVERSATION

3 komentar:

  1. Wah jadi mas percobaanku dengan cara yang mas posting, hanya saja dengan menambahkan sepucuk sendok teh Fermipan dan sedikit sekali irisan tempe yg putih-putih. Hasilnya lebih luar biasa dan siap dijadikan bahan starter bagi fermentasi pakan kambing or membuat Bokasi.

    Tapi ide dasar dari mas yang sederhana ini AMAZING, gak repot, low cost.
    Maaf saya memodifikasinya :)
    Tuhan memberkati

    BalasHapus