image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

CERITA TAHUN BARU DI PERANTAUAN



Tahun baru 2014 baru saja hadir. Setiap tahun baru hadir pasti aku belum memiliki kalender. Sudah dua kali tahun baru kulewati di perantauan. Ada hal yang berbeda di tahun ini. sedikit flashback ke tahun 2013, aku melewati tahun baru 2013 hanya di kosan saja. Tawaran untuk menikmati kilauan kembang api saat pergantian tahun aku tolak.


Entah kenapa edisi tahun baru 2013 aku malas untuk keluar kamar kos. Aku hanya terpaku di kamar dan merenungi apa saja yang sudah kulalui di tahun 2012 dan apa yang hendak kucapai ditahun 2013. Ditahun 2013 aku mempunyai obsesi untuk bisa naik gunung slamet. Setelah setahun berlalu, ternyata aku hanya bisa  mendaki puncak gunung Sindoro. Kendati demikian puas rasanya bisa berada di puncak gunung. Hati ini semakin memuji kebesaran kuasa  ALLAH SWT.

Namun, tahun baru 2014 berbeda dengan tahun baru 2013. Kali ini aku melewati suasana tahun baru dikontrakan teman. Semula aku berencana untuk camping di hutan grumul. Namun, rencana itu kandas karena miss komunikasi dengan teman saya yang mengajak camping.

Rencana pertama gagal. Akhirnya siap jalankan rencana kedua. Daripada diam dikosan aku memutuskan untuk melewati tahun baru bersama kawan-kawan AGRICA. Kali ini ada aksi bakar-bakaran jagung. Main UNO dan acara narsis bareng juga ada. Setelah itu dilanjut dengan menikmati ribuan kembang api yang tumpah di langit perumahan  sapphire. Semua bersuka cita, tak ada yang sedih malam itu. Namun satu pertanyaan dari lubuk hati muncul. Apakah sudah ada kemajuan dalam hidupku?. Sulit untuk menjawab pertanyaan itu. Yang pasti target yang sudah aku canangkan di tahun 2013 beberapa sudah tercapai. Beberapa juga kandas ditengah jalan. Entah apa sebabnya aku tidak tahu. 
saat kembang api meluncur

tukang bakar jagung
Pemain UNO kita :D
Tahun baru 2014 mulai berjalan. Kali ini obsesiku ingin memperbaiki akademik yang nilainya kurang menguntungkan di tahun 2013. Meskipun banyak orang yang mengatakan buat apa mencari nilai yang tinggi, toh di dunia kerja nggak butuh nilai, yang dibutuhkan skill. Sikap yang seperti itu justru menurut saya sikap seorang yang pesimistis. Dalam segala aspek nilai itu pasti mempunyai peranan yang penting walaupun kecil. Kurang setuju rasanya ada orang yang bilang seperti itu. Menurut saya sikap seperti itu adalah sikap seseorang  yang mengalah sebelum berperang. Seharusnya kita tidak menganggap enteng segala hal, termasuk nilai. Jangan menyepelekan hal kecil, karena bisa jadi hal kecil tersebut yang menentukan kita.
Tahun 2013 sangat penting bagiku. Karena saya berkesempatan berproses di AGRICA. Sebuah oraganisasi yang menggembleng anggotanya untuk melawan rasa malas. Meningkatkan kebersamaan dan meningkatkan mental kerja. Ya karena berproses di AGRICA itu sebuah tekanan, dimana setiap tugas menjadi tuntutan yang harus dilaksanakan. Pengalaman masuk organisasi AGRICA membuat saya sadar bahwa belajar itu bisa dimana saja. Tidak harus diruang kampus. Tidak harus belajar ke profesor yang pangkatnya bejibun. Belajar adalah tentang kemauan dan kerja keras. Dimanapun tempatnya ketika ada kemauan dan kerja keras maka disitulah kita bisa belajar.

Mungkin ini sedikit cerita yang bisa saya bagikan ketika di perantauan.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar