image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Habib Lutfi



Namanya aslinya Muhammad Lutfi. Orang sering menyebutnya Bib Lutfi atau Abah. Beliau dilahirkan di Pekalongan tanggal 10 November 1947 M. Pekalongan adalah salah satu kota dengan jumlah habaib terbesar di Indonesia. 

Jika ditilik dari nasab beliau merupakan keturunan Baginda Nabi Muhammad SAW. Nasab beliau dari jalur ayah dan ibu tersambung ke sayyidina Hussein yang merupakan cucunda Nabi Muhammad SAW. Ketokohannya tidak dapat dielakkan lagi. Sehingga membuat berbagai kalangan menghormatinya.
Dilahirkan dari seorang syarifah, yang memiliki nama dan nasab: sayidah al Karimah as Syarifah Nur binti Sayid Muhsin bin Sayid Salim bin Sayid al Imam Shalih bin Sayid Muhsin bin Sayid Hasan bin Sasyid Imam ‘Alawi bin Sayid al Imam Muhammad bin al Imam ‘Alawi bin Imam al Kabir Sayid Abdullah bin Imam Salim bin Imam Muhammad bin Sayid Sahal bin Imam Abd Rahman Maula Dawileh bin Imam ‘Ali bin Imam ‘Alawi bin Sayidina Imam al Faqih al Muqadam bin ‘Ali Bâ Alawi.

Nasab dari jalur ayah
Rasulullah Muhammad SAW
Sayidatina Fathimah az-Zahra + Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib
Imam Husein ash-Sibth
Imam Ali Zainal Abiddin
Imam Muhammad al-Baqir
Imam Ja’far Shadiq
Imam Ali al-Uraidhi
Imam Muhammad an-Naqib
Imam Isa an-Naqib ar-Rumi
Imam Ahmad Al-Muhajir
Imam Ubaidullah
Imam Alwy Ba’Alawy
Imam Muhammad
Imam Alwy
Imam Ali Khali Qasam
Imam Muhammad Shahib Marbath
Imam Ali
Imam Al-Faqih al-Muqaddam Muhammd Ba’Alawy
Imam Alwy al-Ghuyyur
Imam Ali Maula Darrak
Imam Muhammad Maulad Dawileh
Imam Alwy an-Nasiq
Al-Habib Ali
Al-Habib Alwy
Al-Habib Hasan
Al-Imam Yahya Ba’Alawy
Al-Habib Ahmad
Al-Habib Syekh
Al-Habib Muhammad
Al-Habib Thoha
Al-Habib Muhammad al-Qodhi
Al-Habib Thoha
Al-Habib Hasan
Al-Habib Thoha
Al-Habib Umar
Al-Habib Hasyim
Al-Habib Ali
Al-Habib Muhammad Luthfi


Pendidikan beliau dimulai dari ayahnya habib Ali bin Hasyim. Kemudian beliau menimba ilmu di berbgai madrasah dan pesantren yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Walaupun beliau berdarah Arab namun nasionalisme beliau patut diacungi jempol. Sepanjang yang saya tau, beliau selalu mengobarkan semangat nasionalisme kepada jamaahnya. Hampir disetiap ceramah beliau selalu disisipi dengan semangat nasionalisme. Beliau berpesan agar generasi muda selalu bangga dengan NKRI. “NKRI Harga Mati” itulah salah satu kalimat yang membuat orang bergetar jika mendengar langsung dari ucapan beliau.

Kendati materi ceramah beliau hampir sama tiap pertemuan, tetapi entah mengapa selalu rindu untuk mendengarkannya. Ada kharisma yang sangat melekat yang tidak dimiliki oleh orang lain. Suaranya agak berat yang menjadi ciri khas beliau, pribadi yang sangat santun membuat pemuda rela berjejalan demi bersalaman dengan ulama kharismatik ini.

Tak banyak memang seorang habaib yang dapat memotivasi generasi muda untuk selalu hadir di majelis-majelis sholawat. Namun, berkat jasa beliau hampir setiap hari di Pekalongan selalu ada pembacaan maulid Nabi. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan agar dapat menuntun umat.
Mungkin tulisan ini jauh dari kata baik, mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan. Sumber tulisan ini murni dari Wikipedia.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar