image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Biasa Menjadi Bisa


Perkenalkan Bu Mariyah namanya, seorang pengajar Matematika di MIS Kauman Wiradesa. Ibu guru yang satu ini dikenal disiplin terhadap muridnya. Setiap kali masuk mata pelajaran selalu diawali dengan menghafal perkalian dari 1x1 sampai 10x10. Hampir semua siswa pernah merasakan ketakutan berdiri di depan kelas kemudian melafalkan perkalian yang disuruh oleh bu Mariyah. Bukan tanpa alasan bu Mariyah mengajarkan kebiasaan ini, semua dilakukan agar siswa terbiasa dan menjadi bisa.

Sumber gambar: http://digitalsense.weebly.com/blog/apa-sih-un-ujian-nasional

Maklum, mata pelajaran Matematika menjadi momok saat itu. Hampir sebagian siswa mendapat nilai yang jelek pada mata pelajaran tersebut, perkalian, pembagian, pengurangan dan penambahan menjadi hal yang sulit untuk ditaklukkan. Bu Mariyah tidak segan menegur siswanya yang tidak belajar sebelumnya, kebiasaan itu terus diulangnya, tak tanggung-tanggung terkadang jam mata pelajaran ini pun di akhiri dengan kembali melafalkan perkalian. Alhasil mau tidak mau siswa dipaksa untuk belajar dan hasilnya pun sangat baik, hampirsemua siswa menjadi hafal materi perkalian tersebut.


Analogi ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bagi penuntut ilmu mutlak diperlukan latihan dan repetisi. Untuk memahami suatu materi tidak cukup hanya satu kali pertemuan dan satu kali baca, dibutuhkan minimal 10x agar otak dapat menyerap informasi secara menyeluruh. Kita tentu ingat saat masih kecil selalu diceritakan dongeng yang berulang-ulang, dengan cara ini kita masih hafal detail ceritanya sampai saat ini. Metode yang sederhana dalam mengajar. Setelah bisa kita dapat mengembangkan kualitas pengetahuan kita dengan meningkatkannya menjadi luar biasa dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi. 

Read and Repetition.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar