image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Hukum Newton III

Menghabiskan waktu semalam suntuk memang tak mudah, obrolan ngalor ngidul harus tersaji kalau tidak ingin malammu menjadi galau. Menikmati malam dengan segelas kopi dan rokok satu bungkus bisa menjadi tambahan energi bagi penikmat malam.


Suasana gerimis menambah seru obrolan saya dengan seorang pemuda paruh baya. Kehidupannya tak jauh dari kata bahagia, hari-harinya tak pernah sepi. Terkadang ia menyanyikan lagu penyanyi favoritnya, suaranya kadang tak cukup untuk mencapai nada tinggi. Kemudian dengan cekatan tangannya mampu melukiskan imajinasinya dalam sebuah kertas gambar. Hidupnya penuh imajinasi dan ia mampu menuangkannya dengan berbagai media, tulisan ataupun gambar sering ia lakukan.

Ia bercerita kebiasaannya membaca buku, novel ataupun cerpen di masa lalunya. Nostalgia! Mungkin itu yang ada di benaknya, mencari imajinasi liar kemudian menuangkankan ke dalam paragraf-paragraf tulisan. Menulis baginya tidak hanya sekedar hiburan lebih dari itu ia mampu menunagka hasrat perasaannya dan keliaran imajinasinya. Tak mudah tapi bukan berarti tak mungkin. Ia mengingat bagaimana Habiburrahman El Shirazi menceritakan kisah perjalannya di tepian sungai Nil melalui novel Ayat-ayat Cinta, indah penuh makna dan cinta. Tere Liye dengan cerdasnya memutarkan film di pikiran pembacanya, serasa melihat film asli versi tulisan. Djenar Maesa Ayu dengan cerita berbau seksualnya. Ah imajinasi memang tak ada batasnya.

Bagaimana mereka melakukannya? Pertanyaan yang sulit dijawab. Bisa jadi itu ciri khas atau gaya menulisnya. Gaya menulis tak lepas dari bacaan yang dibacanya, seorang penulis banyak terpengaruh oleh bacaannya. Untuk menjadi penulis hebat sudah pasti dapat dinilai dari kualitas bacaannya. Seorang Pramoedya Ananta Toer bahkan sejak muda telah mengkoleksi karya sastrawan eropa, mengkoleksi surat kabar untuk dijadikan kliping. Akhirnya semua tulisan yang hebat juga berasal dari bacaan yang hebat pula. Seperti hukum Newton III yang isinya kurang lebih berbunyi untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar.

Sembari menikmati segelas kopi kami terus berbincang berbagai topik tentang kehidupan, politik, pendidikan dan lain-lain. Satu pesan yang harus diingat bahwa setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, tugas kita adalah tergantung membaca hasil tersebut sebagai hal positif atau negatif. 

Share this:

CONVERSATION

1 komentar: