image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Jamur Zombie




Jamur genus Cordyceps semuanya menggunakan tubuh makhluk hidup lain sebagai inangnya. Kali ini saya akan membahas tentang jamur Cordyceps unilateralis. Jamur Cordyceps unilateralis atau lebih dikenal jamur zombie.
Cordyceps unilateralis adalah jamur parasit yang menginfeksi semut kayu seperti Campanoutus leonardi dengan cara mengubah perilaku mereka untuk memastikan spora jamur ini menyebar luas. Jamur ini telah terbukti secara sengaja menginfeksi otak semut dan merusaknya. Kemudian jamur tersebut merasuki dan mengendalikan aktivitas semut seperti zombie.

Siklus Hidup
Spora masuk ke dalam tubuh serangga melalui spirakel pernafasan. Setelah jamur menginfeksi tubuh semut, miselia jamur masuk ke otak semut dan mengubah perilaku semut. Hal tersebut menyebabkan semut menaiki batang tanaman dan menggunakan rahangnya untuk mengamankan dirinya dari tanaman. Semut tersebut kemudian akan menggigit bagian bawah daun, tepat di pembuluhnya. Jamur kemudian membunuh semut dan terus tumbuh sebagai miselia dan menyerang jaringan yang lebih lembut dan jaringan struktural yang melindungi eksoskeleton. Ketika jamur sudah siap bereproduksi, tubuh buah tumbuh dari kepala semut dan pecah melepaskan spora.

“Saat semut berada di bawah kontrol jamur, semut meninggalkan tanda yang jelas yang disebut ‘gigitan kematian’ di daun-daun,” kata David Hughes, peneliti dari Harvard University, seperti dikutip dari Unexplained-Mysteries.


Semut yang telah mati kemudian dijadikan tempat tumbuhnya jamur. Jamur akan keluar melalui sungut semut yang akan tumbuh terus memanjang. Suatu saat spora jamur tersebut akan pecah. Ketika spora tersebar dan menyerang serangga lain, maka serangga lain pun akan terinfeksi jamur zombie ini. Begitu seterusnya. Inang jamur Cordyceps ini adalah jenis serangga.

Klasifikasi
Kingdom                : Fungi
Phylum                  : Ascomycota
Class                     : Sordariomycetes
Ordo                      : Hypocreales
Family                    : Clavicipitaceae
Genus                    : Cordyceps
Species                  : C. Unilateralis

Sumber :

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar