image1 image2 image3

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M A DREAMER

Terungkapnya “Makhluk Ghaib”


Sereem, pasti itu pertama kali yang kita pikirkan ketika mendengar “makhluk ghaib”, jangan buru-buru takut dulu. “Makhluk ghaib” bisa juga sangat menyenangkan. Makhluk yang tak kasat mata alias tidak bisa dilihat secara langsung bisa dikatakan sebagai “makhluk ghaib”. Golongan bakteri, nematoda, protozoa, archae dan virus bisa dikatakan sebagai “makhluk ghaib”.
Mikroskop temuan Leeuwenhoek, sumber wikipedia.com


Pada awalnya “makhluk ghaib” ditemukan oleh Leeuwenhoek, dia berhasil menemukan alat pembesar dari kaca. Bisa dikatakan Leeuwenhoek sebagai bapak Mikrobiologi, sebuah ilmu yang mempelajari tentang “dunia ghaib atau dunia tak kasat mata”. Leeuwenhoek dilahirkan di negara Belanda pada tahun 1632. Penemuan besarnya membawa kemajuan yang pesat dalam ilmu pengetahuan utamanya dalam kajian kedokteran, biologi, pertanian dll. Berkat mikroskopnya sebuah teori tentang asal mula “makhluk ghaib” diperdebatkan.  Adalah Renaissance, pentolan pendukung teori “makhluk ghaib” muncul dengan sendirinya dari bahan-bahan yang sudah mati (abiogenesis).

Antonio van Leeuwenhoek, Bapak Mikrobiologi,
sumber wikipedia.com
Sebagian ahli berbeda pendapat bahwa “makhluk ghaib” terbentuk dari benih “makhluk ghaib” yang ada di udara. Jadi, “makhluk ghaib” pun punya benih yang dapat bereproduksi. Fransisco Redi (1665) dan Lazzaro Spalanzani memberi bukti bahwa “makhluk ghaib” tidak muncul dengan sendirinya. Akan tetapi percobaan mereka buktikan tidak mampu memukul telak ahli yang mempercayai teori abiogenesis. Perdebatan pun masih berjalan.




Ilmuwan lain tertarik untuk melakukan percobaan, dan akhirnya Louis Pasteur dengan menggunakan cawan angsa berhasil membuktikan bahwa teori abiogenesis tidaklah benar. Berkat penemuannya “makhluk ghaib” terungkap. Perkembangan mikrobiologi pun semakin pesat, berbagai kajian tentang mikrobiologi mengarah sampai pada tingkat DNA, sebuah materi genetik yang ada dalam setiap makhluk hidup.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar